Kue kering adalah salah satu panganan yang sangat digemari oleh banyak orang. Ada banyak varian kue kering dan kue kering coklat adalah salah satu varian yang sangat disukai karena rasanya yang enak dan bikin nagih.

Kelezatan kue kering coklat bergantung pada cara pengolahannya yang baik serta pemilihan bahan yang berkualitas. Selain memperhatikan kualitas butter dan terigu yang digunakan, saat membuat kue kering coklat tentu harus memperhatikan pula kualitas coklat yang digunakan. Hal ini sangat penting karena coklat adalah salah satu bahan utama yang menentukan rasa kue kering coklat Anda.

Lalu, bagaimana cara memilih coklat yang baik? Berikut kami sajikan pembahasannya.

Membaca komposisi yang ada pada kemasan coklat

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca komposisi yang tercantum pada kemasan coklat yang hendak Anda beli. Semakin tinggi presentasi coklat pada komposisinya berarti semakin banyak kandungan kakaonya dan semakin rendah kandungan gulanya. Namun coklat yang memiliki kandungan kakao yang tinggi belum tentu lebih baik daripada yang tidak.  Karena yang memiliki kandungan kakao yang banyak biasanya cenderung terasa pahit.

Anda dapat menyesuaikan jenis coklat yang Anda butuhkan dengan kue yang hendak Anda buat. Jenis dark chocolate biasanya memiliki rasa yang agak pahit, sehingga Anda perlu menambahkan lebih banyak gula pada kue Anda ketimbang jika menggunakan jenis coklat yang lain. Namun bagi Anda yang tidak menyukai kue yang terlalu manis, Anda dapat menggunakan dark chocolate agar lebih leluasa mengukur tingkat kemanisan kue Anda.

 

Perhatikan permukaan coklat batangan yang akan Anda pilih

Pilihlah permukaan coklat yang bersih dan mengkilat, serta tidak ada serbuk-serbuk putih yang menempel di permukaannya. Kehadiran serbuk-serbuk putih menunjukkan bahwa coklat tersebut sudah tidak segar. Perhatikan pula apakah coklat tersebut memiliki retakan atau gelembung udara. Sebab coklat yang baik adalah yang tidak retak dan tidak ada gelembung udaranya.

 

Cium aromanya

Menurut para ahli kuliner, coklat jenis dark chocolate lebih baik daripada jenis milk chocolate ataupun white chocolate. Namun tidak semua  coklat yang berwarna hitam atau gelap berarti dark chocolate yang baik karena beberapa produsen coklat yang “nakal” merekayasa warna coklat buatan mereka. Mereka menambahkan zat pewarna agar warna coklat buatan mereka terlihat lebih gelap.

Oleh karena itu untuk mengetahui coklat tersebut adalah dark chocolate asli, bukan pewarna adalah dengan cara mencium aromanya. Coklat asli memiliki aroma natural khas coklat asli, sedangkan yang telah diberi zat pewarna biasanya memiliki aroma yang terlalu kuat dan terasa tidak natural.

 

Dengarkan suaranya saat dipatahkan

Sebelum Anda memilih coklat untuk dipakai pada kue kering coklat Anda, sebaiknya Anda mencoba mematahkan coklat yang akan Anda gunakan. Coklat yang baik adalah coklat yang menimbulkan suara yang cukup nyaring saat dipatahkan, sehingga ada kesan renyah saat mematahkannya. Sedangkan coklat yang kurang baik biasanya cenderung lengket dan tidak menimbulkan suara nyaring saat dipatahkan.

 

Cicipi rasanya

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mencicipi rasa coklat yang akan Anda gunakan untuk membuat kue kering coklat. Tentu saja, rasa adalah segalanya dan rasa tidak pernah bohong. Coklat yang baik dan berkualitas adalah coklat yang memiliki rasa yang lezat, gurih dan terasa alami. Sedangkan coklat yang kurang baik tidaklah demikian.

 

Itulah beberapa cara untuk memilih coklat batangan yang baik untuk kue kering coklat Anda. Rasa enak dapat dihadirkan dari perpaduan bahan yang berkualitas. Selamat memasak.